Senin, 13 Oktober 2014

Cara Efektif Untuk Distribusi Produk Baru

Setiap perusahaan pasti ingin produk barunya berhasil disalurkan dengan baik di pasaran, semakin baik tingkat distribusi dan pemerataan produk baru di pasaran, maka tingkat keberhasilan produk baru juga semakin tinggi. Keberhasilan distribusi produk baru perusahaan dapat dinilai dari beberapa aspek, antara lain :

1. Produk baru diterima dan dipajang minimal 75 % dari total saluran distribusi yang ada.

2. Minimal 50 % pelanggan perusahaan melakukan pembelian ulang untuk jangka waktu 6 bulan pertama  dan secara berkala mengalami kenaikan.

Tidak semua produk baru perusahaan dapat tersalurkan dan didistribusikan dengan baik, perusahaan perlu merencanakan dan membuat kegiatan promosi dan distribusi yang efektif. Produk baru cenderung tidak diterima oleh pelanggan, karena belum cukup bukti untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk perusahaan berkualitas dan baik. Beberapa tips untuk mendistribusikan produk baru secara efektif adalah sebagai berikut : 

1. Produk baru perusahaan sebaiknya dipaketkan penjualan bersama produk perusahaan yang sudah lancar, sehingga kecepatan penyaluran produk baru dapat berjalan dengan cepat, melalui jaringan distribusi yang sudah ada

2. Sebagai apresiasi kepada pelanggan dan pengenalan produk baru, perusahaan dapat menawarkan paket promo seperti : konsinyasi, hadiah produk perusahaan maupun hadiah lainnya dengan budget 5 % sd 15 %.

3. Perusahaan perlu menyediakan alat bantu promosi produk perusahaan, seperti : banner, spanduk, brosur dan sampel.

4. Perusahaan perlu membuat aktivasi promosi seperti pameran dan kegiatan bersama dengan pelanggan seperti : perlombaan ataupun sponsorship acara tertentu untuk menginformasikan produk baru perusahaan.

5. Perusahaan perlu memberikan penawaran yang lebih menarik kepada pelanggan perusahaan jika produk dan kegiatan pesaing sudah kuat dipasaran, tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan simpati pelanggan untuk menggunakan produk baru perusahaan.

Dengan mempertimbangkan tips-tips dalam mendistribusikan produk baru perusahaan, maka tingkat keberhasilan akan semakin tinggi, walaupun masih ada faktor lain yang mempengaruhi kelancaran produk baru seperti : kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, semoga bermanfaat.


Dikutip dari berbagai sumber






Tidak ada komentar:

Posting Komentar